Menu
Cart 0

Cara memilih baju bayi

Posted by on

oleh Liz Krieger 

Di sela sela menyuapi, mengganti, membantu sendawa dan menghibur bayi Anda, hal terakhir yang Anda ingin khawatirkan adalah pakaian bayi yang terlalu menghabiskan banyak waktu, mengganggu bayi Anda atau yang hanya menghabiskan tempat di kamar bayi Anda. Tetapi setelah Anda tau beberapa aturan dalam berbelanja pakaian bayi, bahkan proses penggantian popok yang sangat terburu buru pun akan berjalan dengan lancar dan si kecil Anda akan menikmati dunia barunya dengan nyaman dan bergaya. 

Kita berbincang dengan Jenn Falik, seorang ahli mode yang juga ibu seorang anak dan selebrity ahli trend bayi, Rachel Florio-Urso untuk mencari tahu tentang apa yang Anda perlu ketahui sebelum berbelanja.

Gunakan lah katun selalu

Bayi yang baru saja lahir sangatlah berharga dan tentunya kulit bayi tersebut pun sangatlah berharga, oleh karena itu para ahli menyarankan Anda memilih kain 100% katun organik atau 100% katun combed saat berbelanja untuk bayi berumur 12 bulan atau kurang. Anda dapat mempertimbangkan campuran bahan lain ketika Anda mulai mengetahui apakah bayi Anda memiliki alergi atau kulit sensitif.

Pikirkanlah tentang proses memasang dan melepaskan

Walaupun snaps, kancing dan resleting dapat menjadi aksesoris yang sangat bergaya, mereka juga dapat membuat Anda frustasi ketika Anda, yang kekurangan tidur, mengganti popok atau memegang bayi Anda yang menggeliat geliat di lengan Anda. Carilah lubang kerah yang dapat melar -- kerah yang seperti lipatan amplop di lehernya sangat baik untuk memasukan kepala bayi baru Anda yang sensitif.

Snaps di bagian selangkangan tetap menjadi pilihan favorit karena memudahkan proses penggantian popok kotor. Beberapa merk baru menggunakan snap magnit, yang menghilangkan kemungkinan terjadinya resleting macet dan kancing  yang tidak rata pada set baju tidur. Hindarilah overall dan barang yang kompleks lainnya kecuali jika barang tersebut dapat di lepas dari bagian selangkangan.

Pilihlah celana dengan bahan elastis di bagian pinggang

Anda mungkin tergoda untuk membeli celana blue jeans yang seperti Anda miliki (dengan kancing dan lainnya) untuk si kecil Anda, tetapi Anda akan menyadari bahwa tidak terlalu menyenangkan mengeluarkan bayi Anda dari celana jeans overall kecil itu. Sama halnya dengan celana celana lainnya, untuk jeans, pilihlah bahan elastis yang dapat melar dibandingkan kancing atau tali. 

Ukuran pada label hanyalah sebuah panduan

Setiap bayi berbeda, dan setiap merk pakaian memiliki standar yang berbeda mengenai ukuran. Anak Anda mungkin memiliki kaki yang panjang atau badan yang pendek. Dia mungkin montok dan perlu ukuran yang lebih besar. Ingat saja bahwa ukuran pada label bukanlah sebuah mandat atau indikasi mengenai seberapa baik anak Anda telah bertumbuh. Serahkanlah hal itu pada dokter!

Utamakanlah kesederhanaan

Periksalah semua pakaian apakah mengandung bahan kimia keras dan cat, dan pertimbangkanlah untuk membatasi lipatan lipatan, renda dan pita disekitar kerah untuk 12 bulan pertama. Mengapa? setelah Anda memakaikan baju rok girlie pada bayi Anda, Anda mungkin dapat melihat bahwa itu membuatnya gatal gatal! 

Sediakanlah stok sebelum waktunya -- tetapi belanjalah dengan bijaksana.

Membeli baju musim dingin pada saat sale musim semi dan panas dapat membantu Anda menghemat uang, tetapi janganlah berlebihan dalam mengumpulkan baju dengan model tertentu atau ukuran tertentu. Jika tidak, Anda mungkin akan bertanya pada diri sendiri mengapa Anda dulu membeli t-shirt rocker untuk anak Anda yang hanya ingin mengenakan baju polo. (Ini tidak begitu berpengaruh untuk bayi bayi kecil, yang belum mempunyai keinginan tertentu, tetapi ini berpengaruh saat bayi Anda mulai bertumbuh besar.) Akan sulit untuk memperkirakan ukuran anak Anda enam bulan atau lebih dari sekarang, jadi berhati hatilah saat menentukan apa dan berapa banyak yang Anda beli supaya Anda tidak berakhir dengan baju berukuran sangat besar yang tidak dapat bayi Anda pakai sampai dia tumbuh cukup besar di musim panas mendatang. 

Berpikirlah dengan kreatif tentang warna

Tidak semua bayi perempuan perlu dipakaikan baju peri merah muda, dan tidak semua bayi laki laki perlu dipakaikan dengan baju mobil balap. Baju bayi jaman sekarang menawarkan berbagai macan warna dan corak, jadi Anda dapat bermain dengan kombinasi warna. Pertimbangkanlah biru aqua dan ungu untuk anak anak laki, dan berbagai macam warna jingga, aqa dan ungu untuk perempuan. 

Carilah corak dan print yang baru. Berjalan jalan lah melalui lorong pakaian untuk jenis kelamin lawan untuk melihat jika ada sesuatu di lorong tersebut yang ingin membuat Anda meloncat. Anda mungkin akan terkejut mengetahui betapa banyak anak perempuan kecil yang tampil sangat bergaya mengenakan baju strip strip yang sedikit kelaki-lakian, dan betapa banyak anak laki-laki yang dapat tampil sangat cocok mengenakan polka dot.

Anda tidak akan pernah merasa memiliki terlalu banyak jumper putih

Ketika bayi Anda masih mengenakan popok dan belum dapat berjalan, hampir semua orang setuju bahwa T-shirt putih yang dapat dilekatkan di bagian selangkangan (Editor: model ini sering disebut juga jumper) merupakan keperluan pokok sehari hari. Sangatlah sempurna ketika bayi Anda telah terbungkus didalamnya, cukup ringan sehingga bayi Anda tidak kepanasan dan sangat mudah untuk dikenakan atau dilepas. Oleh karena itu sediakanlah stok jumper dalam berbagai macam ukuran. Bonus: Ketika baju baju ini ternoda atau tertarik melar, baju baju ini dapat dibuat menjadi keset rumah atau alas untuk sendawa.

Fokuslah pada yang dasar/sederhana

Model dan warna sederhana/simple harus menjadi isi utama lemari pakaian bayi Anda. Setelah itu Anda dapat menambahkan corak keren atau barang funky lainnya untuk menyempurnakan penampilan akhir bayi Anda. Mungkin Anda dapat menambahkan rompi, cardigan atau celana ketat strip strip. Rok terusan merupakan perkecualian, karena itu dapat dipakai dengan sendirinya, sehingga tidak perlu dicocokan dengan banyak aksesoris lain. 

Jika Anda ragu, pilihlah ukuran yang lebih besar. 

Bayi bayi sepertinya dapat tumbuh dalam satu malam, dan hal terakhir yang Anda inginkan adalah satu laci penuh dengan pakaian yang kekecilan. Anda selalu dapat menggulungkan celana yang kepanjangan atau melipat lengan T-shirt sambil menunggu bayi Anda tumbuh lebih besar untuk muat sepenuhnya. 

Sumber:

  • http://www.babycenter.com/0_how-to-buy-baby-clothes_10370611.bc

 


Share this post



Newer Post →


  • Thanks mom , bener banget memilih baju itu kaya milih diapers yahh kadang katanya bagus tapi kadang gak nyaman di pakai , apalagi momy baru kaya saya nyoba ini itu , sekarang bayi saya udah cocok banget pake pokana pampers yang gambarnya warna warni lucu banget hhiihiii

    Wieke Fratami on

Leave a comment